Apa Subdomain Atau Subfolder Untuk Yang Bagus Buat SEO? Ini Keterangannya!!

Posted on

Ada permasalahan yang hadir dari kawan dekat kami dan menanyakan soal suatu hal yang pastinya juga banyak dipikirkan oleh semua praktisi SEO pemula. Sy punya pertanyaan terkait dengan seo bukalapak, tokopedia ya. Mengapa mereka mempergunakan blognya itu dalam subdomain, kenapa ga subfolder? Mengapa menggunakan ‘blog.bukalapak.com (subdomain)’, mengapa ga menggunakan ‘bukalapak.com/blog (subfolder)’. Balas pesan singkat juga sy hendak tahu opini dari orang sepertimu.

Jawaban

Pertama yang musti diketahui, Google melihat subdomain sebagai situs yang berbeda dengan situs utamanya. Subdomain diasumsikan berdiri sendiri, sementara subfolder dianggap salah satu kesatuan website (web yang tidak beda). Contoh: Subdomain mail.google.com dengan domain utamanya google.com disebut Google situs berbeda. Sementara, Subfolder google.com/mail dengan domain utama google.com diasumsikan Google situs yang sama. Untuk memampang hasil pencarian sangat baik, sekarang Google pun melihat rupa website. Toko online, forum, blog maupun website yang lainnya.

Keywords yang punya unsur pembelian atau jualan adalah:

  1. Jual Busana Muslim
  2. Toko handphone
  3. Beli pakaian
  4. dll

Google lebih membuat prioritas website dengan format toko online (cek di beranda pencarian Google). Namun untuk keywords informasi, tutorial juga sejenisnya, Google membuat prioritas website dengan rupa blog. Mungkin tersebut yang sebagai alasan mereka, yakni mau mengoptimasi keywords jualan dari domain utama berbentuk Toko Online lalu optimasi keywords informasi dengan rupa situs Blog.

Hati-hati Dengan EMD

Menurut salah seorang web desainer di Indonesia yang mengelola website ini pernah mengatakan kepada saya bahwa didunia search engine optimization itu kita mengenal istilah EMD atau Exact Match Domain yaitu dimana pemilik website menggunakan nama domain yang mengandung unsur keyword. Contoh misalnya untuk membidik keyword jasa pembuatan website maka digunakanlah nama domain misalnya: jasapembuatanweb.site Hal ini sudah berlaku sejak tahun 2012 lalu tapi efeknya tetap tidak sehebat algorithm Google penguin dan panda. Namun demikian anda tetap harus waspada untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Lebih Baik Gunakan Brand

Saran saya lebih baik anda menggunakan brand sebagai nama domain anda daripada menggunakan EMD tadi dengan alasan bahwa dengan menggunakan nama domain akan lebih bisa mempengaruhi visibilitas brand yang anda usung dan akan lebih menguntungkan bila dipromosikan di media sosial hingga menjadi viral. Walaupun sebetulnya dengan menggunakan nama domain berisis keyword tidak masalah sepanjang kita mau bersabar menaikan peringkat website karena sangat disarankan agar anchor text tidak over usage dan lebih berhati-hati karena ancaman daripada Google Penguin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *